Minggu, 11 Desember 2011

Graduation Day

Graduation day adalah hari di mana sebuah ruangan dipenuhi wajah-wajah bahagia. Kebahagiaan yang tidak tiap hari mereka rasakan. Dan kebahagiaan yang berbeda-beda rasanya.
Yang pertama tentu saja wajah bahagia para wisudawan. Wajah bahagia karena jerih payah mereka selama bertahun-tahun terbayar sudah. Jam demi jam mengikuti perkuliahan dalam ruang kelas telah mereka lalui, lembar demi lembar kertas ujian telah mereka lewati, ungkapan puas maupun kecewa juga pernah mereka luapkan, bahkan rasa gugup dan takut pada saat sidang skripsi juga berhasil mereka kalahkan.
Yang kedua adalah raut bahagia para orangtua. Orangtua yang telah menggantungkan harapan di pundak anak-anak mereka. Orangtua yang tak selalu bersimpuh dihadapan-Nya memohon yang terbaikan bagi anak-anak mereka, orangtua yang selalu memberikan support berupa fasilitas fisik maupun encouragement, berupa reward maupun punishment, dan orangtua yang seolah-olah tak habisnya wejangan demi wejangan meluncur dari bibirnya yang tak lagi muda.


Yang ketiga adalah pancaran kebahagiaan para dosen. Dosen yang telah berusaha maksimal mentransfer ilmunya, dosen yang dengan sabar mencoba memahami satu demi satu karakter mahasiswanya, meskipun tak jarang dosen juga memberikan derita. Derita berupa nilai yang kurang memuaskan, derita berupa tugas yang menggunung, derita berupa kata-kata yang menyakitkan, sampai derita yang timbul karena penundaan kelulusan.
Yang terakhir adalah kebahagiaan supporting units. Ketua panitia, tamu VIP, tamu undangan, teman seangkatan, adik kelas, alumni, mc, penerima tamu, tim paduan suara, penari-penari, bagian konsumsi, juru foto resmi, juru foto liar, penjaja makanan dan minuman, tukang parkir, dan lain-lain.
Selamat berbahagia semuanya. Kita semua berhak merasakan bahagia ini. Bahagia yang tak tahu kapan dapat terulang kembali.
Berbahagialah. Meskipun kita tak pernah tahu apa yang akan terjadi esok hari.
Gedung Wanita, Semarang

1 komentar: